Page 215 - Informatikakm
P. 215

Misalnya, mengapa ojek online lahir? Karena  penggagasnya berpikir untuk
               memberi solusi bahwa orang perlu cepat, sedangkan di kota, seringkali banyak
               kemacetan.  Dengan sepeda motor,   akan lebih  cepat.  Supaya lebih  mudah,
               pemesanannya online, tidak perlu pergi ke pangkalan ojek. Tukang ojek pun
               dapat berada di mana pun untuk menerima order.      Itu  semua merupakan
               hasil pemikiran. Oleh karena itu, ‘hasil pemikiran intelektual’ tersebut perlu
               dilindungi secara legal  agar  tidak menimbulkan sengketa.  Perlindungan ini
               diberikan dalam bentuk hak kekayaan intelektual. Hak kekayaan intelektual
               (intellectual property rights) adalah hak yang timbul dari hasil olah pikir yang
               menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia. Pada
               intinya, kekayaan intelektual adalah hak untuk menikmati secara ekonomis
               hasil dari suatu kreativitas intelektual, termasuk software.
                   Hasil kreasi dari berpikir itu menimbulkan inovasi, jika diwujudkan, dapat
               menjadi produk-produk yang bernilai bagi masyarakat dan bernilai ekonomi
               serta mengangkat martabat bangsa,       merupakan suatu     pengindustrian
               inteligensi. Bidang informatika sangat berpotensi untuk berkontribusi dalam
               pengindustrian inteligensi,  dengan menghasilkan produk-produk yang
               meningkatkan berfungsinya sains dan teknologi di dalam tata kehidupan
               bermasyarakat,  yang akan membawa masyarakat Indonesia lebih       mampu
               mewujudkan kemerdekaan berbangsa dan bernegara (Saswinadi 2017).






               Aspek Ekonomi Produk Informatika
               Pada bagian ini,  kalian akan berdiskusi secara berkelompok pada satu  atau
               lebih topik berikut. Ikutilah instruksi dari guru di kelas.
               1.  Carilah  di internet,  berbagai “gerai”  digital  yang disebutkan di atas.
                   Golongkanlah    sesuai area bisnisnya (misal:     transportasi,  travel,
                   ànansial,  kesehatan,  mak  d  minuman,  jasa,  dllf.  Rangku  dal
                   sebuah  tabel  berikut.  Perhatikanlah,  bahwa sesuai dengan namanya,
                   biasanya,  perusahaan memulai dengan satu   area bisnis tertentu.  Dalam
                   perjalanannya,  mereka membuka layanan “satu    pintu”  untuk berbagai
                   transaksi lainnya. Menurut kalian, mengapa  mereka melakukan hal itu?
                                                                Nama Deskripsi Layanan
                     Nama Perusahaan       Daftar Layanan
                                                                      Utamanya








                                                                                    205
                                                             Bab 8 Dampak Sosial Informatika
   210   211   212   213   214   215   216   217   218   219   220