Page 210 - Informatikakm
P. 210

dengan scratch dll), dan aplikasi (email, pemroses kata, pemroses lembar kerja,
            presentasi, browser, laboratorium virtual dan lain-lain). Siswa sudah mengalami
            bagaimana mudahnya menggunakan sistem komputer         di zaman sekarang,
            yang sangat berbeda dengan komputer saat pertama kali ditemukan. Ini sama
            dengan perkembangan alat transportasi,   misalnya dimulai dari kereta kuda,
            mobil kuno sampai mobil modern tanpa awak sekarang.

                Mempelajari sejarah  sangat penting untuk belajar  dari masa lalu.  Belajar
            tentang keberhasilan dan kegagalan, serta betapa
            mesin dan teknologi yang ditemukan akan
            mempercepat penemuan mesin-mesin baru
            dan komponen-komponen yang lebih     tangguh,
            dengan ukuran yang makin kecil, tetapi kapasitas
            dan kinerjanya makin tinggi.  Mesin komputer
            juga lahir dari konsep.
                Perkembangan teknologi juga tak lepas
            dari perkembangan ilmuwan dan insinyur
            yang     mengembangkannya.      Tokoh-tokoh
            tersebut tidak hanya menciptakan mesin,
            tetapi juga menciptakan konsep-konsep yang
            dipakai sampai sekarang,  misalnya Algoritma
                                                           Gambar 8.3 Ada Lovelace, Pemrogram
            ditemukan pada tahun 830 oleh Al-Khawarizmi.     Komputer Paling Awal di Dunia.

                Di tingkat SMP,   kalian juga sudah  dilatih  untuk merangkum bahan
            bacaan digital. Kali ini, kalian diminta untuk merangkum informasi tentang
            perkembangan komputer      (hardware  dan software),  dan tokoh-tokoh  yang
            berperan di balik perkembangan tersebut.     Karena banyak,   kalian harus
            memilih suatu periode tertentu yang “pendek” dan paling menakjubkan buat
            kalian, dan mengulas mesin yang ada saat itu berikut tokoh-tokohnya.













              Gambar 8.4 Beragam bentuk komputer dalam kehidupan sehari-hari (a) Smart Watch (b) Surface Table, (c)
                                            Virtual Reality.







             200     Informatika SMA  Kelas X
   205   206   207   208   209   210   211   212   213   214   215