Page 89 - Informatikakm
P. 89

Aktivitas Kelompok
               Aktivitas SK-K10-01-U Simulasi Multitasking (Unplugged)
               Pada aktivitas ini,  kalian berlatih  untuk menerapkan sistem  multitasking
               dengan menggunakan simulasi dan permainan peran (role play).
               Apa yang kalian perlukan?
               1.  Papan tulis atau whiteboard
               2.  Spidol boardmarker berwarna atau kapur berwarna
               3.  Sticky note berwarna

               Langkah-Langkah:
               1.  Setiap kelompok akan berbagi.
                   a.  Berperan sebagai “scheduler” (penjadwal) yang merupakan bagian dari
                       SO. Scheduler mengelola permintaan layanan dan antrean, mencatatnya
                       dalam lembar catatannya. Setiap job yang datang akan memberi tahu
                       sebelumnya berapa lama waktu eksekusi yang dibutuhkannya.
                   b.  CPU (yang menjalankan job, menahannya selama mendapat giliran)
                       dan melepaskannya saat slot waktu habis.
                   c.  Bus yang akan membawa dan mengembalikan “job” ke antrean yang
                       dikelola scheduler berikut statusnya (selesai, atau masih perlu berapa
                       lama lagi).
               2.  Guru  akan memberikan sebuah      tabel  yang isinya waktu  kedatangan
                   beberapa job untuk dilayani oleh SO.
               3.  Simulasikan pelaksanaan pekerjaan mulai kedatangan job yang pertama
                   sampai semua job selesai dikerjakan.
               2.  Cara Komputer Bekerja
               Sekarang,  kita akan mempelajari
               mekanisme       kerja    pemroses
               karena pemroses pun memiliki
               banyak komponen yang harus
               melakukan interaksi satu     sama
               lain.  Secara ringkas,  Gambar  4.16
               menggambarkan  diagram kotak
               arsitektur   sederhana     sebuah
               komputer di mana pemroses (kotak
               besar) menerima masukan dari
                                                     Gambar 4.16 Komponen Internal pada Komputer
               piranti masukan dan menghasilkan
                                                         Sumber: Dokumen Kemendikbud, 2021

                                                                                     79
                                                                   Bab 4 Sistem Komputer
   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94