Page 93 - Informatikakm
P. 93

b.  Mesin Konseptual Sederhana
               Tahukah kalian, bahwa kita bisa membuat abstraksi sebuah mesin komputer
               dengan menciptakan sebuah mesin konseptual sederhana?
                   Kalian diberi sebuah  mesin konseptual   sederhana ciptaan Mr.  ALGO
               dan menyimulasikan cara kerjanya, yang seperti cara kerja sebuah komputer,
               tetapi dengan lebih  sederhana.  Pada bagian ini,  kalian akan memahami
               bahwa instruksi program dalam bahasa yang lebih    dekat ke  manusia harus
               diterjemahkan menjadi instruksi dalam bahasa mesin untuk dapat dijalankan.
               Ingat bahwa dengan struktur    komputer   yang terdiri atas input,  output,
               memori dan CPU,     komputer  hanya dapat membaca data dari perangkat
               masukan,  menulis data ke  perangkat keluaran,  menyalin data dari CPU ke
               memori atau   dari memori ke  CPU,  dan melakukan perhitungan aritmatika
               dan logika.  Dengan kemampuan tersebut,    kita dapat  menuliskan program
               komputer yang beragam dan luar biasa daya gunanya!
                   Program komputer    terdiri  atas sekumpulan instruksi.  Instruksi yang
               dijalankan oleh mesin harus dikenali oleh CPU yang disebut  bahasa mesin.
               Bagaimana sebuah    komputer  menjalankan sebuah   program dalam bahasa
               mesin? Komputer    akan menjalankan (mengeksekusi) perhitungan dengan
               langkah  yang disebut “fetch execute  cycle”  (siklus ambil  dan jalankan).  Fetch
               execute cycle ialah operasi yang paling mendasar dalam komputer, yang juga
               disebut   “fetch decode execute cycle”. Selama fetch execute cycle, mesin komputer
               akan mengambil instruksi dari memori  dan menjalankan instruksi tersebut
               sesuai dengan jenis instruksinya. Mengapa disebut fetch execute cycle? Siklus
               untuk fetching, decoding, dan executing sebuah instruksi ini akan diulang-ulang
               oleh CPU selama mesin komputer hidup!
                   Gambaran siklusnya ditunjukkan dalam Gambar  4.20 yang menunjukkan
               lebih detail bagian-bagian dari CPU.
               1.  CU akan mengambil     instruksi
                   (Fetch).
               2.  CU akan menerjemahkan
                   instruksi tersebut harus
                   melakukan apa, misalnya
                   menyimpan data, menghitung,
                   atau lainnya. Ingat, bahwa
                   komputer hanya dapat            Gambar 4.20 Siklus Ambil dan Jalankan (Fetch Execute
                   melakukan perhitungan dan                        Cycle)
                                                         Sumber: Dokumen Kemendikbud, 2021
                   menyimpan/mengambil, atau
                   mengirimkan data ke input/output device.



                                                                                     83
                                                                   Bab 4 Sistem Komputer
   88   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98