Page 39 - Informatikakm
P. 39

Tentu  saja,  kalian dapat menebak angka apa pun,  tetapi carilah  strategi
               yang membuat kalian dapat dengan cepat (atau dengan kata lain jumlah tebakan
               sesedikit mungkin) menemukan angka yang dipilih oleh teman kalian.
                   Catatlah angka-angka yang kalian tebak dan jumlah tebakan yang kalian
               lakukan di lembar  kerja yang disediakan.  Lakukan permainan ini minimal
               sebanyak dua kali. Pada permainan berikutnya, kalian bisa bertukar peran.

               Ilustrasi
               Berikut ini ilustrasi dari permainan di atas.  Pada permainan ini,  Andi dan
               Binti bermain secara berpasangan.   Andi memilih   angka,  sedangkan Binti
               harus menebak angka tersebut.

                   Mula-mula, Andi memilih sebuah angka antara 1 s.d. 100 (inklusif) dan
               Binti mencatat tebakannya di lembar kerjanya.
                   Binti: “50?”
                   Andi: “Angka milikku lebih kecil.”
                   Binti: “30?”
                   Andi: “Angka milikku lebih besar.”
                   Binti: “40?”
                   Andi: “Angka milikku lebih kecil.”
                   Binti: “35?”
                   Andi: “Benar!”
                   Pada percakapan di atas,   terlihat bahwa Binti dapat  menebak angka
               yang dipilih Andi dalam empat kali penebakkan. Percakapan tersebut dicatat
               dalam lembar kerja, pada permainan ke-0.
                   Kalian dapat memanfaatkan tabel       berikut yang digunakan untuk
               mencatat angka yang ditebak dan berapa kali penebakan dilakukan.      Pada
               permainan ke-0, diberikan contoh isian dari ilustrasi yang diberikan di atas.
               Terlihat bahwa Andi memilih   angka 49.  Binti memerlukan sebanyak 4   kali
               penebakan untuk menebak dengan benar angka yang dipilih oleh Andi, yaitu
               menebak secara berurutan 50, 40, 35, dan 35.
               Jawabannya tentu bergantung  pada tebakan berikutnya.
               Siapa Andi?  ................................................................................
               Siapa Binti?  ................................................................................

                Permainan                           Penebakan ke-
                ke-
                    0       1  2   3  4   5  6   7  8   9  10  11  12  13  14  15  16  17  18
                    1      50  40  30  35
                    2
                    3


                                                                                     29
                                                               Bab 2 Berpikir Komputasional
   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44