Page 37 - Informatikakm
P. 37

2.  Suatu hari, kalian kehilangan baju seragam yang harus dipakai pada hari
                   itu dan kalian mencarinya. Apa strategi kalian supaya baju tersebut cepat
                   ditemukan?
               3.  Kalian mengingat sebuah potongan lirik lagu, tetapi tidak ingat judul lagu
                   tersebut. Bagaimana kalian bisa menemukan lagu tersebut dengan cepat?
                   Apa itu mencari? Mencari adalah menemukan “sesuatu” yang bisa berupa
               benda,  angka,  konsep,  informasi yang memenuhi kriteria tertentu  dalam
               suatu  ruang pencarian.  Masalah   pencarian sangat umum ditemukan di
               dalam kehidupan, termasuk dalam dunia komputasi. Ketika melakukan suatu
               pencarian, kalian harus menemukan suatu benda atau objek yang memenuhi
               kriteria tertentu  dari sekumpulan benda atau  objek  lain.  Beberapa contoh
               dari masalah pencarian yang sering kalian temui ialah sebagai berikut.
               1.  Mencari buku dengan judul tertentu di rak buku perpustakaan.
               2.  Mencari pakaian batik seragam kalian di lemari yang berisi semua pakaian
                   yang kalian miliki.
               3.  Mencari dokumen atau web tertentu dengan mesin pencari seperti Google.
                   Mencari benda nyata gampang,     tinggal  kita lihat dan kita cocokkan
               dengan mata.  Namun,  mencari informasi atau  konsep yang tidak kelihatan?
               Hmmmmm… Tidak mudah!

















                                  (a)                                 (b)

                           Gambar 2.2. Pencarian (a) buku di perpustakaan, (b) informasi di internet
                   Masalah  pencarian dapat dibuat dalam bentuk yang lebih    formal  agar
               dapat diterapkan pada banyak kasus. Elemen pada masalah pencarian meliputi
               hal-hal berikut.
               1.  Sekumpulan benda atau objek.
               2.  Kriteria dari benda atau objek yang dicari.
               3.  Pengecekan benda atau   objek,  untuk memeriksa apakah   ia memenuhi
                   kriteria pencarian.




                                                                                     27
                                                               Bab 2 Berpikir Komputasional
   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42