Page 36 - Informatikakm
P. 36

eàsien.  Pada  tingkat  SD  dan  SMP,  strategi  penyelesaian  persoalan  belum
            secara khusus dirumuskan dalam bentuk algoritma. Pada tingkat SMA, kalian
            akan belajar bagaimana caranya agar solusi masalahnya bisa dituliskan dalam
            bentuk algoritma yang eàsien dan siap dibuat menjadi program komputer.
                Ruang permasalahan di dunia ini luas sekali,  dan tentunya tak seorang
            pun ingin hidupnya menghadapi persoalan.    Setiap bidang juga mempunyai
            persoalan dari sudut pandang bidang masing-masing, dan akan mengusulkan
            penyelesaian dengan menggunakan konsep dan prinsip keilmuan bidangnya.
            Kita belajar  dari persoalan-persoalan yang ada dan pernah       diusulkan
            solusinya.  Oleh  karena itu,  belajar  penyelesaian persoalan ialah  belajar  dari
            kasus-kasus dan solusinya.  Namun,   persoalan yang dibahas itu   perlu  di
            adaptasi dengan konteks kita. Kita perlu membentuk pola persoalan dan pola
            solusi dari latihan penyelesaiannya. Karena sangat banyak, latihan persoalan
            perlu dipilih. Topik yang dipilih dalam BK untuk SMA dalam mata pelajaran
            Informatika merupakan persoalan-persoalan mendasar       terkait kehidupan
            sehari-hari yang perlu  dikuasai dan mengandung konsep Informatika yang
            dominan. Bisa saja persoalan tersebut berkaitan dengan bidang lain, tetapi kita
            akan fokus ke  aspek informatika.  Memusatkan penyelesaian persoalan dari
            satu sudut pandang ini merupakan berpikir kritis! Dengan mempelajari dan
            membahas latihan-latihan pada unit pembelajaran ini, diharapkan kalian akan
            mendapatkan dasar pengetahuan yang diperlukan untuk menemukan solusi-
            solusi yang membutuhkan program komputer.      Melalui kasus yang dibahas,
            kalian diharapkan dapat membentuk katalog solusi,    yang saat  dibutuhkan,
            akan tinggal  dipakai.  Melalui kegiatan BK  ini,  kalian menabung potongan
            solusi yang kelak dapat dirangkai menjadi pola solusi yang dibutuhkan untuk
            persoalan nyata yang dihadapi.


            A.  Pencarian (Searching)

            Hidup    adalah   pencarian   yang
            tiada henti.  Mari,   kita berpikir
            ke  pengalaman “mencari”     dalam
            kehidupan sehari-hari.  Perhatikan
            contoh berikut.
            1.  Pernahkah      kalian   merasa
                kebingungan     saat   mencari
                sebuah   buku  di lemari buku
                kalian? Atau  bahkan di perpustakaan? Saat kalian meminta bantuan
                kepada petugas perpustakaan,    mengapa dia dapat menemukan buku
                yang kalian cari dengan waktu yang lebih singkat?

              26     Informatika SMA Kelas X
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41