Page 38 - Informatikakm
P. 38

Pertanyaan selanjutnya ialah bagaimana strategi untuk mencari. Banyak
            cara yang dapat kita lakukan, misalnya: kita dapat mengambil pakaian secara
            acak dan mengecek apakah pakaian tersebut ialah seragam batik. Cara lain,
            misalnya dengan memeriksa pakaian dari yang berada paling atas ke paling
            bawah.  Tentunya,  ada banyak strategi lain yang dapat  kalian gunakan.  Ada
            strategi yang lebih baik daripada strategi yang lain, bergantung pada keadaan
            benda atau objek tersebut saat pencarian dilakukan. Tentunya, kita akan lebih
            mudah   mencari suatu  buku  dengan judul  tertentu  di lemari perpustakaan
            yang tersusun rapi dengan aturan tertentu dibandingkan dengan mencarinya
            di sebuah lemari yang berantakan.






            Aktivitas Berpasangan
            Aktivitas Bk-K10-01-U: Tebak Angka
            Untuk memahami masalah pencarian, kalian akan bermain tebak angka. Pada
            saat bermain, cobalah untuk memahami permainan tersebut dan identiàkasi
            aspek-aspek masalah   pencarian pada permainan tersebut.   Carilah  strategi
            terbaik untuk  menemukan angka yang dimiliki oleh     teman kalian dengan
            jumlah pengecekan sesedikit mungkin.
            Skenario Permainan
            Pada permainan ini, kalian harus berpasangan dengan salah seorang teman.
            Teman kalian akan memilih    sebuah  angka bilangan bulat  antara 1  – 100
            (inklusif,  angka 1  dan 100  juga boleh  dipilih),  dan angka tersebut  akan ia
            rahasiakan. Tugas kalian ialah menemukan angka tersebut.
                Untuk menemukan angka tersebut, kalian harus mengecek apakah angka
            tebakan kalian ialah angka yang dimiliki oleh teman kalian. Kalian hanya bisa
            mengecek angka satu   per  satu  dengan menyebutkan angka tebakan kalian
            tersebut.
                Setiap kali kalian menebak, teman kalian harus menjawab satu dari tiga
            kemungkinan berikut.
            1.  “Benar” apabila angka yang kalian tebak sama dengan angka yang dimiliki
                teman kalian.
            2.  “Angka milikku   lebih  kecil”  apabila angka yang dimiliki teman kalian
                lebih kecil dari tebakan kalian.
            3.  “Angka milikku   lebih  besar”  apabila angka yang dimiliki teman kalian
                lebih besar dari tebakan kalian.



              28     Informatika SMA Kelas X
   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43