Page 19 - Informatikakm
P. 19

Pertanyaan : Apa persamaan dan perbedaan informatika fase SMP dengan Fase SMA?
               Jawaban  :  Elemen  mata  pelajaran  informatika sama,  tetapi pembahasannya
               akan lebih mendalam dan praktiknya lebih banyak menggunakan komputer dan
               perkakas yang sesuai dengan bidang yang dipelajari.
               Proyek  yang  dikerjakan  lebih  luas  cakupannya,  dan  menuntut  siswa  menggali

               permasalahan secara lebih mendalam, untuk merancang dan menghasilkan solusi
               yang efektif dan eàsien
               Pertanyaan : Problem Solving? Jenis apa yang akan dilatih untuk diselesaikan pada
               Fase SMA?
               Jika dalam fase  sebelumnya persoalan lebih  dikaitkan dengan persoalan sehari-
               hari,  pada Fase  SMA  kita akan membahas kasus-kasus yang lebih  bernuansa
               informatika,  artinya yang solusinya lebih  mengarah  ke  solusi yang terprogram
               eb  dijalank  oleh  komputerf.  Progr  komputer  y  dibu  se  fase
               SMP lebih sebagai program kreativitas, sedangkan program komputer yang akan
               dikembangkan  di  kelas X  akan  berupa  program komputer  yang akan berguna
               untuk mendukung dalam memodelkan komputasi.

               Pertanyaan : Apakah Informatika perlu untuk bidang sosial dan humanitas (soshum)
               dan seni?
               Jawaban : Bidang sosial dan humanitas serta seni juga memerlukan komputer.

               Kalaupun siswa tidak akan memilih karir menjadi pengembang sistem komputasi,
               pengolahan data dalam suatu riset sosial akan membutuhkan perkakas pengolahan
               yang pasti membutuhkan informatika.  Perkak  informatika ini disederhanakan
               antarmukanya sehingga pengguna bidang non informatika hanya perlu
               memandang perkakas informatik  sebag  bl  box.  Artinya,  penggu  bidang
               informatika tidak perlu tahu detailnya, tinggal memakai seperti banyak pemakai
               televisi atau kulkas tanpa perlu mengerti rangkaian elektronika di dalamnya. Akan
               tetapi,  memahami struktur  dari perkakas dengan baik dan memahami logika
               pengembanganny  ak  membantu  pengemb  perkakas.  Siste  sosial  banyak
               dimodelkan dan disimulasikan, untuk mengkaitkan masa lalu, masa kini, dan masa
               depan. Simulasi memungkinkan kita melakukan percobaan dengan mengubah-
               ubah parameter, dan melakukan “what if analysis” atau “Bagaimana jika…. “
               Pertanyaan : Apa hubungan informatika dengan matematika?
               Jawaban : Matematika adalah akar dari informatika, terutama untuk bidang logika
               dan matematika diskrit, statistika, dan analisis data. Informatika memadukan teori-
               teori matematika dan bidang lain dengan prinsip dan teori informatika,  untuk
               menghasilkan model komputasi yang dapat disimulasikan dengan komputer.
               Pertanyaan : Apa hubungan informatika dengan ilmu pengetahuan alam?
               Jawaban : Informatika akan menjadi alat berpikir saat mengembangkan model-
               model komputasi untuk bidang kimia, biologi, àsika, atau lainnya. Kemajuan


                                                                                      9
                                                               Bab 1 Pengantar Informatika
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24