Page 14 - Informatikakm
P. 14

disebut  masyarakat  ˜.“
                                                             (society 5.0) karena hidup
                                                             d  dun  às  sekaligus

                                                             di  dunia   siber  (maya)
                                                             saat melakukan kegiatan
                                                             daring.  Bany  ke
                                                             dilakukan manusia secara
                                                             à  maupu  secar  daring
                                                             dengan       pemanfaatan
                        Gambar 1.2 Revolusi Industri 4.0
                                                             teknologi komputer    dan
              sumber: Dokumen Kemendikbud, 2021 di adaptasi dari https://
             www.spectralengines.com/articles/industry-4-0-and-how-smart-  internet.  Kal  tentu  bisa
                          sensors-make-the-difference        mengingat     pengalaman
                                                             kegiatan    kalian   yang
            didukung teknologi komputer dan internet, mulai dari berkomunikasi dengan
            media sosial, bermain game online, memesan makanan, memesan transportasi,
            mendaftar sekolah, belajar secara daring, dan sebagainya.
                Dunia yang seperti ini menjadi makin cepat berubah, banyak hal menjadi
            tidak pasti,  persoalan yang dihadapi manusia makin rumit,    dan beragam
            car  untu  melakuk  hal  y  sama.  Sebag  contoh,  dulu  or  haru
            per  ke  toko  atau  ke  pasar  untu  berbelanja.  Penjual  jug  haru  mempuny
            bangu  kio  atau  toko.  Pemil  toko  mempekerjak  pegaw  untu
            menguru  gudang,  menjad  kasir,  d  menang  berbag  pekerj  lain.
            Pembel  jug  haru  membaw  u  tu  untu  membayar.  Sekarang,  or
            b  berbel  d  rumah,  tid  haru  per  ke  mana-  walaupu  tid
            ad  penjual  kelil  y  datang.  Penjual  jug  b  berjual  d  rumah  t
            perlu  memili  bangu  kio  atau  toko.  Pembel  tid  haru  mengambil
            uang di bank untuk membayar barang yang dibelinya karena bisa membayar
            dengan menggunakan uang digital. Contoh lain yang telah kita alami sendiri
            ialah pembelajaran daring edalam jaringanf selama masa pandemi. Di dunia

            industri, lebih banyak lagi hal yang kini dilakukan dengan bantuan teknologi
            komputer.  Segala  sesuatu  diselesaikan  secara  otomatis  karena  sudah  ada
            robot-robot yang mampu mengerjakan pekerjaan rutin yang berulang-ulang.
            Cara orang melakukan kegiatan menjadi berubah karena teknologi komputer
            dan internet yang dimanfaatkan di berbagai bidang.
                Nah, situasi seperti contoh di atas memudahkan orang untuk melakukan
            kegiatan berbelanja, belajar, dan sebagainya. Namun coba pikirkan, bagaimana
            nasib  para  pekerja  yang  semula  bekerja  sebagai  kasir,  pegawai  gudang,

            pegawai yang melakukan pengepakan barang di pabrik, teller di bank,    dan
            sebagainya? Ada banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena teknologi


              4      Informatika SMA Kelas X
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19