Page 15 - Informatikakm
P. 15

mengambil  alih  hal-hal  yang  biasa  mereka  kerjakan.  Di  masa  depan,  pasti
               akan lebih banyak lagi peran teknologi dalam kegiatan manusia. Mungkin
               juga akan makin banyak jenis pekerjaan yang hilang. Sebaliknya, pencipta
               teknologi itulah yang makin dibutuhkan.
                   Menghadapi situasi tersebut, siswa yang sedang belajar di jenjang SMA
               perlu berpikir kritis dan mulai memikirkan masa depan. Tentu, tidak semua
               orang akan berkarir di bidang komputer. Zaman sekarang, kesempatan untuk
               berkarya di berbagai bidang sangat terbuka. Namun, hampir semua ilmu lain
               membutuhkan  komputasi atau    penyimpanan informasi serta pembentukan
               pengetahu  y  membutuhk  komputer.  Bidang-bid  y  semul  sulit
               terjangkau  untuk diriset,  makin tertolong dengan kemampuan komputasi,
               misalnya untuk menyimulasikan alam raya dan benda langit, atau menengok
               struktur mikro sel hidup atau material seperti molekul, atom, atau gen manusia.
               Semua profesi mulai ahli sejarah, ahli ekonomi, guru, apoteker, dokter, perawat,
               ilmuwan,  insinyur,  pedagang,  semua  membutuhkan  alat  bantu  kerja  yang
               “mengandung” komputer. Bahkan, di rumah pun, untuk sekadar berkomunikasi,
               ponsel  pintar  sudah  dilengkapi  dengan  aplikasi.  Produk  hiburan  seperti
               permainan,  atau  video  yang  dinikmati  jutaan  pengguna  lewat  kanal  siaran,
               bahkan àlm drama adalah karya digital yang diciptakan para produsen dengan
               bantuan ahli digital media dan juga ahli seni.
                   Nah, untuk itulah siswa, SMA akan belajar mata pelajaran informatika ini.
               Selain belajar  berpikir  komputasional  dalam menghadapi persoalan sehari-
               hari serta cara memanfaatkan teknologi komunikasi lewat jaringan, perangkat
               keras dan perangkat lunak dengan lebih eàsien, siswa SMA perlu mempelajari

               teori-teori informatika dengan lebih mendalam, terutama tentang analisis data,
               pemrograman, dan dampak informatika dalam kehidupan dan pekerjaan. Teori
               saja tentu tidak cukup sebab baru berguna jika dapat dipraktikkan.
                   Dengan  demikian,  siswa  SMA  akan  bisa  menyiapkan  diri  untuk
               menghadapi masa depan yang pasti akan makin cepat kemajuan teknologinya,
               dan membutuhkan komputer       dan kompu  d  bid    pun.  Melalu
               mata pelajaran informatika,    diharapkan di masa mendatang,        pelajar
               Indonesia tidak hanya mampu    mempergunakan teknologi komputer,     tetapi
               juga memahami strategi pemecahan persoalan dan teknologi komputasi
               tepat guna yang berpotensi untuk dimanfaatkan dalam menyelesaikan
               persoalan.  Setelah  lulu  SMA,  bahk  jug  ak  tahu  d  mampu  bag

               mengembangkan program dan sistem komputasi sederhana untuk mengatasi
               berbagai persoalan. Dengan demikian, akan makin banyak orang Indonesia
               yang mampu    menciptakan teknologi berbasis komputer     yang bermanfaat
               b  bany  orang.  Menarik,  bukan?


                                                                                      5
                                                               Bab 1 Pengantar Informatika
   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20