Page 20 - Informatikakm
P. 20
sains banyak dicapai dengan kemajuan bidang informatika. Sebaliknya,
kebutuhan pemodelan dan komputasi sains juga menyebabkan teknik untuk
pengolahan, anal d interpret dat b se baik.
Pertanyaan : Apa hubungan informatika dengan engineering (rekayasa)?
Jawaban : Dalam proses rekayasa, insinyur insinyur menentukan kebutuhan,
melakukan analisis, perancangan, implementasi dan pengujian produk/artefak.
Insinyur sipil akan menghasilkan berupa bangunan (gedung, jembatan, atau
lainnyaf. Insinyur me menghasilk me d engine untu berbag alat
mul engine pesawat, mobil, atau al rumah tangg sederhana. Prak lintas
bidang informatika memberi kesempatan siswa untuk melakukan praktik proses
rekayasa, yang meliputi analisis, perancangan, implementasi dan pengujian
sebelu mengembangk produk/artef komputasional.
Pertanyaan : Kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pelajaran informatika?
Apakah sama dengan SMP?
Jawaban : Ya, masih sama dengan saat fase SMP, siswa kelas X akan mengalami
pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PBL), pembelajaran berpusat
pada siswa eStudent Centered Learning/SCLf, d pembelajar berb inkuiri
(Inquiry Based Learning/IBLf.
Dalam pembelajaran berbasis proyek, siswa secara berkelompok akan membuat
karya eproyekf untuk menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari.
Dalam pembelajaran berbasis inkuiri, siswa akan melakukan eksplorasi
secara mandiri untuk suatu topik yang diberikan oleh guru untuk merumuskan
pertanyaan-pertany atau persoal d permasalah y ada.
Dal PBL d IBL, sisw adalah aktor ut d kel kare diberi
kepercayaan untuk belajar menjadi mandiri, menemukan ide, berpendapat,
berkreasi, d menyampaikanny ke or lain. Pembelajar sepe inilah
y disebu sebag pembelajar y berpu pad siswa. Prose akan
menumbuhkembangk sisw menjad ilmuw y berpikir kritis, kreatif,
d inovatif dal mengajuk solusi-solusi.
Pertanyaan : Apa yang dimaksud dengan transformasi digital?
Jawaban : Transformasi digital mengacu pada proses dan strategi menggunakan
teknologi digital untuk mengubah praktik pekerjaan dan bahkan kehidupan
sehari-hari menjadi “digital” yaitu lebih banyak memakai siste komputer.
Hal se mu kare masyarakatny jug se “mele digital”
(digital literate), perangkat keras semakin canggih dan justru menjadi murah serta
berkinerja tinggi epowerfulf, perangkat lunak semakin mudah dioperasikan, dan
teknologi juga memungkinkan siste beroper lebih eàsie d memberikan
nil manf b kehidupan.
10 Informatika SMA Kelas X