Page 20 - Informatikakm
P. 20

sains banyak dicapai dengan kemajuan bidang informatika.  Sebaliknya,
            kebutuhan pemodelan dan komputasi sains juga menyebabkan teknik untuk
            pengolahan,  anal  d  interpret  dat  b    se  baik.

            Pertanyaan : Apa hubungan informatika dengan engineering (rekayasa)?
            Jawaban  :  Dalam  proses  rekayasa,  insinyur  insinyur  menentukan  kebutuhan,
            melakukan  analisis,  perancangan,  implementasi  dan  pengujian  produk/artefak.

            Insinyur  sipil  akan menghasilkan berupa bangunan (gedung,  jembatan,  atau
            lainnyaf.  Insinyur  me  menghasilk  me  d  engine  untu  berbag  alat
            mul  engine  pesawat,  mobil,  atau  al  rumah  tangg  sederhana.    Prak  lintas
            bidang  informatika memberi kesempatan siswa untuk melakukan praktik proses
            rekayasa,  yang meliputi analisis,  perancangan,  implementasi dan pengujian
            sebelu  mengembangk  produk/artef  komputasional.
            Pertanyaan : Kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pelajaran informatika?
            Apakah sama dengan SMP?
            Jawaban : Ya, masih sama dengan saat fase SMP, siswa kelas X akan mengalami
            pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PBL), pembelajaran berpusat
            pada  siswa  eStudent Centered Learning/SCLf,  d  pembelajar  berb  inkuiri
            (Inquiry Based Learning/IBLf.

            Dalam pembelajaran berbasis proyek, siswa secara berkelompok akan membuat
            karya eproyekf untuk menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari.

                Dalam  pembelajaran  berbasis  inkuiri,  siswa  akan  melakukan  eksplorasi
            secara mandiri untuk suatu  topik yang diberikan oleh  guru  untuk merumuskan
            pertanyaan-pertany  atau  persoal  d  permasalah  y  ada.
                Dal  PBL  d  IBL,  sisw  adalah  aktor  ut  d  kel  kare  diberi
            kepercayaan untuk belajar  menjadi mandiri,  menemukan ide,   berpendapat,
            berkreasi,  d  menyampaikanny  ke  or  lain.  Pembelajar  sepe  inilah
            y  disebu  sebag  pembelajar  y  berpu  pad  siswa.  Prose    akan
            menumbuhkembangk  sisw  menjad  ilmuw  y  berpikir  kritis,  kreatif,
            d  inovatif  dal  mengajuk  solusi-solusi.
            Pertanyaan : Apa yang dimaksud dengan transformasi digital?
            Jawaban : Transformasi digital mengacu pada proses dan strategi menggunakan
            teknologi digital  untuk mengubah  praktik pekerjaan dan bahkan kehidupan
            sehari-hari menjadi “digital”  yaitu  lebih  banyak memakai siste  komputer.
            Hal    se  mu  kare  masyarakatny  jug  se  “mele  digital”
            (digital literate), perangkat keras semakin canggih dan justru menjadi murah serta
            berkinerja tinggi epowerfulf, perangkat lunak semakin mudah  dioperasikan,  dan
            teknologi juga memungkinkan siste  beroper  lebih  eàsie  d  memberikan
            nil  manf  b  kehidupan.



              10     Informatika SMA Kelas X
   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25