Page 234 - Informatikakm
P. 234

komputer; (c) pembuatan teknologi untuk memanfaatkan komputer
                    seperti World Wide Web, robot cerdas, dan analisis DNA manusia; dan
                    (d) pengembangan metode-metode penyelesaian masalah komputasi
                    secara efektif dan eàsien seperti: metode terbaik untuk menyimpan

                    informasi dalam suatu   basis data,  pengiriman data dalam sistem
                    jaringan komputer, atau menampilkan gambar-gambar kompleks.
                3.  Information System  atau  Sistem Informasi yang mempelajari pada
                    integrasi solusi-solusi teknologi informasi dengan tujuan-tujuan bisnis
                    dan organisasi untuk mencapai proses yang lebih efektif dan eàsien.
                4.  Information Technology atau  Teknologi Informasi  yang mempelajari
                    solusi-solusi teknologi komputer bagi organisasi bisnis, pemerintah,
                    Kesehatan, sekolah, dan organisasi lainnya.
                5.  Software Engineering  atau Rekayasa Perangkat Lunak yang mempelajari
                    pengembangan dan perawatan sistem perangkat lunak agar       dapat
                    beke  deng  lebih  reliabel,  eàsien,  skalabel,  d  terjangkau  secara
                    biaya untuk dikembangkan dan dirawat serta memenuhi kebutuhan
                    penggunanya.
                Kelima disiplin tersebut memiliki perbedaan dan kesamaan yang dapat
            divisualisasikan dengan mudah pada gambar yang tersaji di bawah. Pada gambar
            tersebut, sumbu horizontal mewakili seberapa teoretis atau aplikatif suatu bidang
            ilmu.  Makin ke  kanan,  makin aplikatif  bidang ilmu  tersebut.  Sumbu  vertikal
            menggambarkan bidang-bidang yang meliputi perangkat    keras komputer  dan
            arsitektur, infrastruktur sistem, metode dan teknologi perangkat lunak, teknologi
            aplikasi,  serta permasalahan organisasi dan sistem organisasi.  Makin ke  atas,
            makin “dekat” bidang tersebut dengan manusia dan organisasi.
                Dari gambar   tersebut,  sebagai contoh,  disiplin Teknik Komputer  akan
            mencakup hal   yang bersifat sangat teoretis hingga sangat aplikatif,  tetapi
            hanya terbatas pada perangkat keras komputer      dan arsitektur,  sebagian
            infrastruktur sistem, dan sebagian kecil dari metode dan teknologi perangkat
            lunak. Di sisi lain, disiplin Teknologi Informasi sangat menitikberatkan pada
            hal-hal yang lebih aplikatif atau teknis mulai dari infrastruktur sistem hingga
            masalah organisasi dan sistem informasi.
                Kurikulum tersebut merupakan sebuah       dokumen hidup yang terus
            diperbarui oleh ACM dan IEEE berdasarkan masukan-masukan dari berbagai
            pemangku   kepentingan,  yang termasuk berbagai perusahaan bereputasi di
            dunia. Versi pertama terbit pada tahun 1990, kemudian mengalami berbagai
            perubahan hingga terbitlah versi Computing Curricula 2003. Versi terbaru,
            yang pada saat buku ini ditulis masih dalam versi draf, telah mengalami 44
            kali proses perbaikan pada tanggal 15 November 2020!


             224     Informatika SMA  Kelas X
   229   230   231   232   233   234   235   236   237   238   239