Page 174 - Informatikakm
P. 174

atau  menulis dengan format yang salah,  auto-grader  tidak akan menganggap
            program kalian benar. Untuk membantu kalian memahami format tersebut, satu
            atau lebih contoh masukan dan keluaran akan diberikan.
            Praktik Baik Pemrograman
            Problem akan memberikan beberapa kasus uji.     Akan tetapi,  bukan berarti
            kalian hanya perlu mengecek program kalian dengan kasus uji yang ada di buku.
            Kalian perlu menguji program kalian dengan menggunakan berbagai kasus uji,
            yang kalian buat sendiri. Beberapa problem dirancang dengan adanya jebakan
            yang dapat   membuat program kalian gagal    berjalan pada kasus tertentu.
            Misalnya,  ketika masukan yang diberikan memiliki rentang yang besar  atau
            adanya kondisi yang dapat menyebabkan program berhenti.

            Ayo, Kita Berlatih 3: Menulis dan Memperbaiki Program
            Problem 1: Belajar Baca Tulis (Tingkat Kesulitan:         )

            Deskripsi Soal:
            Saatnya kalian berlatih  untuk menulis kode  program.  Kalian akan membuat
            program untuk membaca tiga jenis bilangan dan mencetaknya kembali ke layar
            dengan format yang diberikan.

            Format Masukan:
            Satu  baris yang berisi tiga buah  bilangan yang dipisahkan oleh  spasi.  Bilangan
            pertama merupakan bilangan bulat positif   dengan nilai maksimum 10,000.
            Bilangan kedua merupakan bilangan riil positif dengan nilai maksimum 10.0000.
            Bilangan ketiga merupakan  bilangan bulat positif dengan nilai maksimum 100.
            Format Keluaran:
            Ada tiga baris. Baris pertama berisi bilangan pertama. Baris kedua berisi bilangan
            kedua dengan dua bilangan di belakang desimal. Baris ketiga berisi bilangan ketiga.

            Contoh Kasus Uji
                      Masukan                   Keluaran
             10 20.1235 30               10
                                         20.12
                                         30

            Problem 2: Bantulah Intan! (Tingkat Kesulitan:            )
            Intan ingin membuat program untuk mencetak kalimat berikut ke layer.

            Andi berkata, "Satu, dua, tiga!".
            Lalu, Andi pun menendang bola tersebut.
            Akan tetapi, Intan tidak berhasil mencetak kalimat tersebut ke layar dengan
            persis sama. Berikut ini program yang ditulis oleh Intan.


             164     Informatika SMA Kelas X
   169   170   171   172   173   174   175   176   177   178   179