Page 172 - Informatikakm
P. 172

Praktik Baik Pemrograman
            Seiring dengan makin kompleksnya program yang kalian buat, ada beberapa
            praktik baik yang dapat kalian lakukan.
            1.  Belajar menulis kode program memerlukan kemampuan bereksperimen
                dan mencoba hal    baru.  Karena keterbatasan halaman,  buku  ini tidak
                mungkin memberikan contoh        selengkap mungkin untuk mencoba
                berbagai kemungkinan dalam menulis kode      program.  Oleh  karena itu,
                kal  perlu  melakuk  eksperime  d  mencob  memodiàk  kode

                program  yang telah   diberikan.  Kalian dapat membaca dokumentasi
                bahasa C yang dapat diakses di devdocs.io/c ketika menemukan suatu
                konsep ingin kalian pelajari lebih lanjut.
            2.  Jangan takut apabila program kalian gagal  berjalan karena hal  itu  sangat
                wajar  ketika belajar  menulis kode  program.  Bahkan,  pemrogram senior
                pun masih bisa melakukan kesalahan. Jadikan hal tersebut sebagai pemacu
                untuk mencari tahu hal yang membuat program kalian gagal berjalan. Dari
                situ,  kalian akan menambah  pengalaman dan di masa depan tidak akan
                kembali melakukan kesalahan yang sama.
            3.  Buat kode   program kalian lebih  mudah   dibaca dengan menggunakan
                whitespace atau ruang kosong. Whitespace adalah istilah bagi karakter yang
                tidak tampak di layar  (contoh:  spasi,  tab,  dan newline).  Whitespace  dapat
                digunakan untuk membuat kode       kalian lebih  mudah  dibaca dengan
                memberikan jarak pada kode. Jarak biasanya diberikan antara kumpulan
                baris kode  yang memiliki peran berbeda.  Contoh-contoh  kode  program
                yang diberikan pada unit ini disajikan dengan menggunakan whitespace
                yang dapat kalian adopsi.
            Semangat terus untuk bereksperimen!

            3.  Belajar Menulis Program Sambil Menyelesaikan Masalah

            Pada unit ini,  aktivitas Ayo,  Kita Berlatih  diberikan sebagai bentuk latihan
            menyelesaikan suatu problem yang diberikan dengan pemrograman. Karena
            unit ini bersifat pengenalan pada kegiatan menulis kode  program (coding),
            problem yang diberikan pada kalian diberikan dalam bentuk spesiàkasi yang
            telah terstruktur. Pada kenyataannya, ketika kalian membuat program untuk
            menyelesaikan suatu   permasalahan nyata,   kalian perlu  membuat sendiri
            spesiàk  d  progr  yang akan dibuat. Kalian perlu menetapkan sendiri
            tujuan dari program,  format masukan,  serta format keluaran dari program.
            Aktivitas ini akan kalian lakukan di akhir unit, tetapi sekarang kalian dapat
            fokus membuat program berdasarkan spesiàkasi yang telah diberikan. Selain
            itu, pada unit pratik lintas bidang (PLB), kalian akan diajak untuk membuat
            sebuah  program untuk menyelesaikan permasalahan     di lingkungan tempat
            kalian tinggal.

             162     Informatika SMA Kelas X
   167   168   169   170   171   172   173   174   175   176   177