Page 154 - Informatikakm
P. 154

2. Pseudocode

            Pseudocode (kode semu atau kode pseudo) adalah suatu bahasa buatan manusia
            yang sifatnya informal untuk merepresentasikan algoritma. Pseudocode dibuat
            untuk menutupi kekurangan diagram alir dalam merepresentasikan konsep-
            konsep  pemrograman terstruktur.   Pseudocode  memungkinkan representasi
            langkah-langkah  yang lebih  detail  dan dekat dengan bahasa pemrograman.
            Karena sifatnya yang informal,    tidak ada aturan khusus dalam standar
            notasi yang dapat digunakan. Akan tetapi, ada beberapa prinsip dasar yang
            perlu  diperhatikan,  yaitu  satu  baris untuk satu  pernyataan (statement) dan
            pentingnya indentasi dalam menuliskan pernyataan.     Indentasi ada untuk
            hierarki dari pernyataan.   Misalnya,  untuk menunjukkan bahwa suatu
            pernyataan merupakan bagian dari sebuah struktur kontrol keputusan atau
            struktur  kontrol  perulangan (lihat konsep blok pada pemrograman visual
            yang telah kalian pelajari di tingkat SMP).
                Keempat diagram alir    pada bagian sebelumnya dapat ditulis dalam
            bentuk pseudocode sebagai berikut.

            a.  Pseudocode 1: Menghitung Luas Persegi

                    Deskripsi tingkat tinggi:                 Pseudocode:
             1.  Baca nilai sisi persegi.         Algoritma Menghitung Luas Persegi
             2.  Hitung luas dengan menguadratkan   Input: Nilai Panjang Sisi Persegi.
                                                  Output: Luas Persegi tercetak.
                 nilai sisinya.
             3.  Cetak luas.
                                                  input sisi
                                                  luas← sisi * sisi
                                                  print luas

            b.  Pseudocode 2: Menghitung Luas Permukaan Kubus
                    Deskripsi tingkat tinggi:                 Pseudocode:
             1.  Baca nilai sisi kubus.           Algoritma Menghitung Luas
             2.  Hitung luas (persegi) dari sisi kubus.   Permukaan Kubus
                                                  Input: Nilai Panjang Sisi Kubus.
                 Kalikan luas kubus dengan angka
                                                  Output:    Luas   Permukaan   Kubus
                 6  (banyaknya jumlah  persegi pada
                                                  tercetak.
                 kubus) untuk mendapatkan luas
                 permukaan.                       input sisi
             3.  Cetak luas_permukaan.            luas_permukaan ←luas(sisi) * 6
                                                  print luas_permukaan







             144     Informatika SMA Kelas X
   149   150   151   152   153   154   155   156   157   158   159