Page 53 - Informatikakm
P. 53

Format perintah ialah sebagai berikut.
               1.  Enqueue X: memasukkan sebuah bilangan bulat ke dalam queue.
               2.  Dequeue:  membuang/mengeluarkan bilangan yang berada pada posisi
                   pertama antrean.
                   Untuk setiap perintah,  Simulator  harus menuliskan apa isi queue  setiap
               kali perintah  tersebut selesai dijalankan.  Sebagai contoh,  Pemberi Perintah
               memberikan perintah-perintah sebagai berikut.
                             Simulator menulis isi queue setelah
                Perintah                                      Hasil Dequeue
                             setiap perintah dijalankan
                Enqueue 5    5
                Enqueue 3    5, 3
                Dequeue      3                                5
                Enqueue 4    3, 4
                Dequeue      4                                3

               Jika Simulator harus memberikan 5 baris jawaban berupa isi dari queue setelah
               setiap perintah dijalankan, hasilnya:
               1.  5
               2.  5, 3
               3.  3
               4.  3, 4
               5.  4
               Lembar Kerja Siswa
               Untuk permainan peran ini dapat dipakai LKS.

                 Pemberi Perintah  Catatan Simulator      Isi Stack         Hasil Pop




               Jawaban Simulator:








               Jawablah pertanyaan berikut dalam Lembar Reáeksi pada Buku Kerja. Jangan
               lupa mencatat kegiatan dalam Jurnal.
               1.  Apakah   kalian dapat memahami dengan baik perbedaan dari konsep
                   stack dan queue?
               2.  Jika diberikan sebuah   kondisi di dunia nyata/informatika,  dapatkah
                   kalian menentukan apakah stack atau queue yang lebih relevan diterapkan
                   sebagai metode penyimpanan?


                                                                                     43
                                                               Bab 2 Berpikir Komputasional
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58