Page 26 - Informatikakm
P. 26

Gambar 1.5 Pelantikan OSIS (a) Upacara, (b) Nasi Tumpeng untuk acara ramah tamah
                Untuk pekerjaan ini, siswa perlu berbagi peran karena setiap orang dapat
            mengerjakan yang tidak sama. Misalnya, karena ada dua acara,  secara tegas,

            dapat dibentuk dua subtim yang mempunyai koordinator,        dan keduanya
            dikoordinasik oleh  Ketua Panitia. Ad y menyiapk upacar pelantik
            d  ad  y  menyiapk  acar  ramah  tamah.

                Ada pekerjaan yang jika dikerjakan lebih banyak orang akan membutuhkan
            waktu lebih lama. Oleh karena itu, strategi membagi pekerjaan dalam kelompok
            harus ditentukan oleh kelompok sebelum dikerjakan agar tugas dapat dikerjakan
            dengan lancar. Tugas juga dibagi rata secara adil walaupun setiap orang tidak
            mengerjakan hal yang sama. Sebelum mulai bekerja dalam kelompok,    semua
            anggota kelompok perlu   menentukan strategi yang tepat agar   tujuan tugas
            d  dilakuk  deng  pal  eàsie  d  optimal.  Untu  tug  tertentu,  perlu
            ditunjuk Koordinator Tim yang akan mengatur kelancaran pekerjaan, dan yang
            akan  memeriksa  apakah  hasil  akhir  sudah  sesuai  dengan  yang  diharapkan.

            Untuk setiap acara, perlu disusun program kerja dan acara yang runtut berikut
            waktunya.

                Agar bekerja dalam kelompok menjadi eàsien, efektif, dan menghasilkan
            solusi yang baik, lakukanlah hal berikut.
            ”.  Pahami persoalan dan tujuan bersama yang akan dicapai kelompok.
            •.  Lakukan  pembagian  peran  dalam  kelompok  sehingga  setiap  anggota
                mendapat peran dan pembagian tugas. Jika semua mengerjakan hal yang sama,
                tugas tidak akan selesai. Harus ditunjuk ketua kelompok jika anggotanya
                banyak atau hasilnya perlu dikumpulkan dan diintegrasikan.
            –.  Kerjakan tugas sesuai peran masing-masing. Jangan kuatir kalau perannya
                berbeda. Siswa dapat berganti peran pada tugas berikutnya.
            —.  Setelah masing-masing mengerjakan bagian sesuai perannya, kedua subtim
                harus berkumpul untuk mengintegrasikan hasil kerja masing-masing.
            ˜.  Setelah subtim beres, ada koordinasi yang hanya diwakili oleh ketua subtim.
            ™.  Kelompok dipimpin oleh ketua kelompok atau diskusi antarrekan sebaya,
                merumuskan kesimpulan semua  kelompok dengan berdiskusi.


              16     Informatika SMA Kelas X
   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31